Dipakai Sejak 100 Tahun Lalu, Inilah Cikal Bakal Kata "omg!"



Dipakai Sejak 100 Tahun Lalu,


Inilah Cikal Bakal Kata "OMG!"



Dipakai Sejak 100 Tahun Lalu, Inilah Cikal Bakal Kata

Istilah kata seperti LOL atau OMG sudah menjadi istilah yang sangat yang digunakan oleh para remaja dalam pergaulan saat ini. Namun terlepas dari hal itu, pernahkah Anda terpikir mengenai asal muasal kemunculan kata-kata tersebut?

Ya, jika menilik situs Wikipedia, belum ada keterangan resmi mengenai cikal bakal istilah OMG (Oh! my God) digunakan. Tetapi kini sebuah surat membuktikan bahwa akronim yang populer itu ternyata telah berusia nyaris 100 tahun!

Adalah John Arbuthnot Fisher, seorang bangsawan asal Inggris, menjadi orang pertama yang diklaim menggunakan istilah tersebut pada tahun 1917. Istilah tersebut ia ungkapkan dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Winston Churchill, yang kala itu belum menjadi Perdana Menteri Inggris.

Dalam surat itu, istilah OMG digunakan oleh Lord Jacky Fisher sebagai ungkapan kekesalan terhadap salah satu headline berita di sebuah koran terkait dengan Perang Dunia I. Fisher menggunakan titik pemisah dan menuliskan kepanjangan OMG untuk menjelaskan maknanya

"I hear that a new order of Knighthood is on the tapis - O.M.G (Oh! My God!)- Shower it on the Admiralty!!" demikian tulisnya seperti yang dikutip dari harian Daily Mail.
Dipakai Sejak 100 Tahun Lalu, Inilah Cikal Bakal Kata

Surat itu diterbitkan dalam Fisher"s Memories pada 1919. Fisher, yang adalah seorang Laksamana Inggris, dikenang sebagai otak dibalik penciptaan kapal HMS Dreadnought. Namun sayang di akhir karirnya ia mendapatkan reputasi buruk karena melarikan diri peperangan untuk kemudian mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala angkatan laut tertinggi di Inggris.

Untunglah karya Fisher berupa singkatan OMG abadi hingga kini dan revolusioner sebagai bahasa slang di seluruh dunia. Istilah OMG sendiri telah resmi masuk kamus Oxford English Dictionary tahun lalu.

Akan tetapi, istilah OMG bukan kata gaul pertama yang ternyata memiliki sejarah panjang. Sebelumnya kata LOL yang memiliki definisi "laughing out loud", diketahui pertama kali digunakan di tahun 1960.


Follow On Twitter